Thursday, June 5, 2014

Resep Membuat Es Kelapa Kopyor Segar

Pada kesempatan kali ini kita akan belajar tentang Resep Membuat Es Kelapa Kopyor Segar. Karena Kelapa Kopyor sangat mahal dan susah didapat bisa diganti dengan es kelapa muda biasa. Kopyor (yang oleh sebagian masyarakat di Jawa Tengah disebut garoh) adalah kelainan genetik pada buah kelapa. Ciri kelainan ini adalah "daging buah" yang empuk atau terlepas dari tempurungnya, jumlah air kelapa sedikit, dan aroma yang khas yang berbeda dari daging kelapa biasa. Sifat ini merupakan hasil mutasi spontan di bagian mayang yang bersifat setempat (biasa dikenal dalam botani sebagai chimera). Perubahan sifat ini dapat terjadi pada saat setelah pembuahan atau bahkan sebelumnya. Buah kelapa kopyor dapat dikenali dengan menggoyang-goyangkan buah ke kiri dan ke kanan, dan akan terdengar bunyi seolah buah kelapa tersebut bukan terisi air tetapi terisi pasir.

es kelapa kopyor muda


Buah kopyor sangat disukai karena rasanya yang menyegarkan bila disajikan sebagai minuman. Kegunaan lainnya ada sebagai bahan kue, baik kue kering maupun kue basah. Nilai ekonomisnya juga sangat tinggi. Jika dibandingkan dengan kelapa biasa, harga kelapa kopyor dapat mencapai empat sampai lima kalinya. Dengan teknik kultur jaringan orang dapat membuat kelapa yang mampu menghasilkan 70-90% buah kelapa kopyor.

Bagi yang ingin mencoba membuat es kelapa kopyor segar, tinggal ikuti langkah-langkah resep masakan berikut ini,

Resep Es Kelapa Kopyor

Bahan-Bahan dalam membuat es kelapa kopyor :
  • Agar-agar warna putih 3 bungkus.
  • Kelapa 1.5 butir
  • Air Kelapa 7.5 gelas (gelas 200 cc)
  • Vanili secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Sirup Cocopandan/Rebusan air gula dgn daun pandan
  • Susu Kental Manis warna putih.
  • Es Batu 2 buah dan Air matang secukupnya.

Cara Membuat Es Kelapa Kopyor

  1. Kelapa dicuci bersih, kupas kulitnya, diparut dan dibuat santan kental dengan menggunakan air kelapa 7.5 gelas,
  2. Rebus santan, agar-agar, vanili dan garam, sampai mendidih. (Sambil diaduk agar santan tidak pecah).
  3. Setelah mendidih dan angkat.
  4. Siapkan baskom isi dgn es batu utuh ukuran 1 kg yang direndam dengan air matang.
  5. Tuang agar-agar satu sendok sayur diatas es batu tersebut. Lakukan terus sampai agar-agar habis.

Cara Menghidangkan Es Kelapa Kopyor

  • Siapkan gelas, masukan sirup/air rebusan gula(terserah selera), kemudian masukan kelapa kopyor  atau kelapa muda biasa, tambahkan es batu dan terakhir susu kental manis. Ukuran bisa disesuaikan dengan cara membagi dari ukuran pokoknya.
Itulah Resep Membuat Es Kelapa Kopyor Segar yang bisa anda coba sebagai alternatif resep minuman untuk disajikan kepada keluarga tercinta, acara kumpul teman atau acara lainnya. Jangan lewatkan info resep masakan lainnya seperti resep kue cubit praktis dan resep es soda buah yang telah kami posting sebelumnya.